Monday, December 10, 2012

Langkah Awal Memulai Bisnis Catering

Bisnis Catering - Menjadi seorang wanita apalagi sebagai ibu rumah tangga sebenarnya memberikan anda peluang untuk berbisnis lebih besar dibandingkan dengan wanita karir yang lain. karena waktu anda hanyalah dirumah, mengurus bayi, dan memasak. jika memasak sudah menjadi keseharian anda kenapa tidak memanfaatkan keahlian memasak anda itu untuk menjadi suatu peluang usaha? anda bisa membuka bisnis catering. Selain, anda bisa menyalurkan hobi, kantong anda pun juga bisa menjadi tebal lewat usaha catering ini.

Langkah awal dalam memulai adalah anda harus menentukan dulu bisnis catering yang akan anda jalankan. Apakah sifatnya khusus atau umum. catering khusus berarti adalah catering yang hanya bisa di sajikan untuk acara-acara tertentu saja. tetapi catering umum lebih fleksibel karena bisa melayani moment apapun.

Kemudian yang kedua anda harus melakukan survei untuk mengetahui saingan anda, cari tahu soal harga yang mereka tawarkan, kemudian kualitas makanan dan cara penyajian mereka. semakin banyak yang anda ketahui tentang mereka makan akan lebih baik dan anda dapat membuat yang lebih baik dari yang mereka miliki.

yang ketiga yang tidak boleh dilupakan adalah mengitung ongkos produksi yang akan anda keluarkan dengan pemasukan yang akan anda terima. jangan sampai nanti anda malah merugi karena pemasukan anda tidak bisa menutupi ongkos produksi anda.

Keempat, anda harus gencar melakukan promosi. bisa dengan menyebar brosur-brosur dan yang paling efektif adalah dengan menawarkan harga yang miring diawal sebagai harga promosi. setelah anda banyak memiliki langganan anda boleh menaikan harga sesuai dengan harga pasaran.

kelima, pertimbangkanlah lokasi.. anda bisa memanfaatkan internet untuk berpromsi. seperti membuat website usaha catering anda. atau facebook bahkan twitter catering anda. sehingga usaha catering pun bisa lebih dikenal luas.

keenam, manfaatkanlah anggota keluarga atau teman untuk membantu anda berbisnis catering. Percayalah, tindakan yang satu ini bisa meredam biaya produksi, dibandingkan jika anda menggunakan tenaga orang lain dimana anda harus membayar.

1 comments: