Tuesday, December 18, 2012

Bisnis Forex

Forex adalah singkatan dari Foreign Exchange atau di Indonesia lebih dikenal sebagai valuta asing (valas) adalah pertukaran mata uang asing yang sebenarnya bertujuan awal untuk melakukan pembayaran diluar negeri karena adanya perbedaan suku mata uang di setiap negara.

Karena adanya perbedaan persediaan dan permintaan antara satu mata uang dengan mata uang yang lain mengakibatkan adanya ketidaktetapan nilai mata uang yang satu dengan mata uang yang lainnya. Selisih dari perbedaan harga uang inilah yang digunakan para traider untuk mendapatkan keuntungan. karena adanya pemahaman perbedaan itu maka mata uang pun diperdagangkan dalam pasar yang disebut Forex Market. Jadi forex dalam bahasa yang sederharna dapat diartikan sebagai jual beli suku mata uang yang dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan keuntungan.

Bagaimana mendapatkan keuntungan dari Forex Trading?
Mendapatkan keuntungan dari Forex Trading dapat dilakukan dari dua arah yaitu bila harga naik dan turun. Kegiatannya disebut dengan buy (beli) dan sell (jual). Untuk lebih jelas berikut ilustrasinya. Dalam ilustrasi ini saya akan menjelaskan dengan menggunakan USD/IDR.

Keuntungan dari harga naik:
Harga nilai tukar USD/IDR adalah 10.000
Artinya harga 1 USD = 10.000 IDR
(Jika 1 USD (dolar) ditukar dengan menjadi IDR (rupiah) menjadi 10.000 IDR)

Misalnya saat ini saya memiliki modal Rp.1.5000.000
saya memprediksi kalau IDR akan naik
yang saya lakukan adalah BUY USD/IDR atau membeli USD menggunakan IDR yang saya miliki, atau menukarkan  rupiah saya menjadi dolar.

Setelah ditukar Rp. 1.5000.000 saya menjadi $150
selang 2 jam nilai tukar USD/IDR naik menjadi 12.000
artinya 1 USD = 12.000 IDR

Yang harus saya lakukan adalah melakukan sell USD/IDR atau menukarkan kembali $150 yang ada pada saya menjadi rupiah. setelah ditukar menjadi Rp. 1.700.000 (150x12.000). Dari hasil transaksi dari 2 jam tadi Rp. 1.500.000 saya menjadi Rp. 1.700.000. Artinya dalam 2 jam saya mendapatkan keuntungan Rp.200.000

0 comments:

Post a Comment