Thursday, December 13, 2012

Membangun Bisnis Yang Dapat Berjalan Sendiri

Menjalankan bisnis yang tanpa kita terlibat di dalamnya tentu sangat menyenangkan. itu berati kita bisa memperoleh penghasilan tanpa kita harus selalu hadir bekerja. Kita bisa melakukan hal-hal menyenangkan yang kita suka seperti pergi berlibur ataupun bersantai bersama keluarga tanpa takut kehilangan income yang akan kita peroleh. Lantas bagaimana sebenarnya cara membangun bisnis yang bisa berjalan sendiri?

Membagun Sistem
Mengapa anda perlu membangun sistem bisnis? Karena hanya dengan sistem, bisnis dapat berjalan sendiri dan terus berkembang tanpa anda, sehingga anda mulai dapat mencicipi kebebasan finansial dan waktu. Benar bukan? Sistem bisnis harus ditentukan terlebih dahulu sebelum mengambil langkah. Meskipun itu adalah sebuah bisnis pribadi atau bisnis sampingan sistem bisnis harus bisa didesain dan dijalankan dengan baik. Harapan setiap orang dalam memilih sebuah bisnis adalah bisnis yang mudah dilakukan dan menghasilkan keuntungan yang besar. Hal itu dapat terealisasikan jika sistem bisnis sudah berjalan dengan baik. Karena itu kuncinya adalah membuat sistem bisnis yang baik. Contohnya jika anda sudah memiliki sebuah website yang anda gunakan untuk bisnis online sebenarnya anda sudah memiliki sistem yang baik. karena website tersebut dapat berjalan 24 jam tanpa anda harus online. Dengan begitu anda sudah membangun bisnis yang dapat berjalan tanpa anda.

Duplikasikan Sistem
Jika sistem yang anda bangun sudah baik yang harus anda lakukan selanjutnya untuk mengembangkan bisnis anda adalah dengan menduplikasikan sistem yang sudah anda bangun tersebut. dengan begitu anda memiliki faktor kali yang dapat melipat gandakan penghasilan anda. Jika anda sudah memiliki sebuah website yang menghasilkan income tanpa anda harus online terus, kenapa tidak anda membuat satu website lagi sehingga penghasilan anda bisa menjadi 2 kali lipat? duplikasikan saja sisten yang sudah anda bangun diwebsite pertama maka penghasilan andapun akan berlipat.

Belajar Dari Pengalaman dan Kesalahan Orang lain
Tom Watson, pendiri IBM, tahu persis nilai sebuah kesalahan. Suatu saat, seorang pegawai membuat kesalahan besar yang merugikan IBM senilai jutaan dollar. Sang pegawai yang dipanggil ke kantor Watson, berkata "Anda pasti menghendaki saya mengundurkan diri." Jawab Watson, "Anda pasti bercanda. Saya baru saja menghabiskan 10 juta dollar untuk mendidik anda..."
Dari pengalaman diatas jika dalam berbisnis dan anda mengalami kerugian belajarlah dari kesalahan itu dan jangan ulangi lagi kesalahan yang sama. Anda pun dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang sudah orang lain lakukan anda dapat mempelajarinya dari kisah-kisah sukses orang-orang sukses lewat buku-buku yang dijual. anda akan banyak menemukan banyak kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan. dan janganlah ulangi kesalahan yang sama.

Melakukan Evaluasi
Ini adalah hal yang tidak boleh anda lupakan yaitu mengevaluasi sistem. Sistem yang sudah anda bangun harus di evaluasi secara berkala. Dari hasil evaluasi itu anda akan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu anda perbaiki sehingga anda pun bisa menghasilkan hasil yang terbaik.

Itulah cara  membangun bisnis anda bisa berjalan sendiri tanpa anda yang bisa saya sharingkan. Tentu dalam membangun bisnis memerlukan waktu. Jika langkah yang anda lakukan sudah benar yakinlah suatu saat bisnis yang anda jalankan dapat bisa berjalan sendiri. dan anda akan menikmati pasif income.

0 comments:

Post a Comment